Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pulang Pisau menggelar Pertemuan Penguatan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) di Aula Kantor Dinkes, Senin (4/2/2019) diikuti oleh 72 peserta perwakilan dari seluruh Puskemas di wilayah Pulang Pisau dengan menghadirkan Narasumber Hartini Agustina, Pengelola PIS PK Provinsi Kalimantan Tengah.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pulang Pisau, dr. Mulyanto Budihardjo melalui Kabid Kesehatan Masyarakat Ma’rup Kurkhi, mengungkapkan program Indonesia Sehat dilaksanakan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui upaya kesehatan dan pemberdayaan masyarakat yang didukung dengan pelindungan finansial dan pemerataan pelayanan kesehatan.

“Pelaksanakan program Indonesia Sehat diselenggarakan melalui pendekatan keluarga, yang mengintegrasikan Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) dan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) secara berkesinambungan dengan target keluarga, berdasarkan data dan informasi dari profil kesehatan keluarga,”  katanya.

Menurutnya, pendekatan keluarga adalah salah satu cara puskesmas untuk meningkatkan jangkauan sasaran dan mendekatkan atau meningkatkan akses pelayanan kesehatan di wilayah kerjanya dengan mendatangi keluarga.

Puskesmas tidak hanya menyelenggarakan pelayanan kesehatan di dalam gedung, melainkan juga keluar gedung dengan pendekatan keluarga dalam upaya menyelesaikan permasalahan kesehatan di wilayah kerjanya, jelasnya.

Kegiatan ini bertujuan sebagai penguatan program keluarga sehat, sekaligus memberikan pemahaman tentang pelaksanaan, permasalahan dan kebijakan program keluarga sehat serta manajemen program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga, pungkasnya.

Sumber : https://mmc.kalteng.go.id/berita/read/4292/index.html

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here