Sesuai dengan Rencana Strategis Kementerian Kesehatan Tahun 2015-2019, Program Indonesia Sehat menjadi Program Utama Pembangungan Kesehatan. Sasaran dari Program Indonesia Sehat adalah meningkatnya derajat kesehatan dan status gizi masyarakat melalui upaya kesehatan dan pemberdayaan masyarakat yang didukung dengan perlindungan finansial dan pemerataan pelayanan kesehatan. Program Indonesia Sehat dilaksanakan dengan menegakkan tiga pilar utama, yaitu: (1) penerapan paradigma sehat, (2) penguatan pelayanan kesehatan, dan (3) pelaksanaan jaminan kesehatan nasional (JKN). Kesemuanya itu ditujukan kepada tercapainya keluarga-keluarga sehat dengan melakan Pendekatan Kesehatan Keluarga (Kesga). Dinas Kesehatan Kabupaten Pulang Pisau melalui Bidang Kesehatan Masyarakat melakukan upaya Penguatan Kesehatan Keluarga (Kesga) dan Gizi. Kabid. Kesmas, Ma’rup Kurkhi, SKM mengungkapkan, “Pendekatan Kesehatan Keluarga adalah salah satu cara Puskesmas untuk meningkatkan jangkauan sasaran dan mendekatkan/meningkatkan akses pelayanan kesehatan di wilayah kerjanya dengan mendatangi keluarga. Puskesmas tidak hanya menyelenggarakan pelayanan kesehatan di dalam gedung, melainkan juga keluar gedung dengan mengunjungi keluarga di wilayah kerjanya. Dimana kegiatan ini merupakan upaya untuk penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB).”

Sedangkan Program Gizi memprioritaskan upaya Pencegahaan Stunting dengan melakukan penyuluhan intensif tentang pentingnya pemeriksaan kehamilan rutin serta melahirkan di fasilitas kesehatan. Puskesmas mengoptimalkan upaya promotif tentang arti pentingnya Posyandu juga terus dilakukan, sehingga pemantauan perkembangan gizi masyarakat bisa terjaga dengan baik.

Karena itu Dinas Kesehatan Kab. Pulang Pisau melalui Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) melaksanakan kegiatan pembinaan dan pemantauan program Kesehatan Keluarga (Kesga) dan Gizi ke seluruh Puskesmas se-Kabupaten Pulang Pisau. Kegiatan ini diharapkan dapat memotivasi pengelola Program Kesga dan Gizi untuk lebih optimal melakukan upaya promotif dan preventif untuk menurunkan AKI dan AKB serta mencegah STUNTING di Kabupaten Pulang Pisau.

Sumber : Bidang Kesmas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here