Amanat Undang undang No.38 Tahun 2014 tentang profesi perawat yang mewajibkan semua tenaga profesi perawat untuk mengikuti sumpah profesi setelah yang bersangkutan selesai mengikuti pendidikan keperawatan. Melihat banyaknya tenaga profesi perawat yang sudah diambil sumpah namun belum memiliki Surat Naskah Sumpah maka Dewan Pengurus Daerah Persatuan Perawat Nasional Indonesia ( DPD PPNI ) Kabupaten Pulang Pisau perlu mengadakan kegiatan pengambilan sumpah profesi perawat di Pulang Pisau pada tanggal 8 April 2019.

Para Dewan Sidang Pengambilan Sumpah Profesi Perawat adalah Natalansyah, S.Pd.,M.Kes (Ketua DPW PPNI Prov. Kalteng) Ir. Saripudin (Plt. Sekretaris Daerah Kab. Pulang Pisau) dr. Muliyanto Budihardjo, MHlth. Sc (Kepala Dinas Kesehatan Kab. Pulang Pisau) Hendrawan, S.Kep (Ketua DPD PPNI Kab. Pulang Pisau). Kegiatan ini dihadiri lebih 224 peserta pengambilan sumpah profesi.

Pada kesempatan ini Ir. Saripudin memberikan sambutan kepada peserta pengambilan sumpah profesi Perawat untuk melengkapi diri dengan Surat Tanda Registrasi (STR) yang tidak hanya berfungsi sebagai perlindungan diri tetapi juga salah satu persyaratan untuk menjadi CPNS. Surat Naskah Sumpah Profesi Perawat adalah bagian persyaratan yang tidak terpisahkan. Beliau juga mengatakan akan berjuang untuk memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan yang belum merata khususnya tenaga parawat di seluruh faskes yang ada di Kabupaten Pulang Pisau.

Seirama dengan Plt.Sekda Kab. Pulang Pulang Pisau Ketua DPD PPNI Kab. Pulang Pisau mengharapkan selain melengkapi diri dengan STR, tenaga kesehatan khususnya perawat setelah melaksanakan pengambilan sumpah dengan sungguh sungguh melaksanakan pengabdiannya kepada masyarakat sesuai dengan sumpah dan kode etik keperawatan. Pengambilan sumpah dalam profesi perawat bertujuan untuk mengembangkan tanggung jawab profesi perawat kepada para perawat agar ketika dihadapkan langsung ke masyarakat, para perawat dapat menjadi perawat yang bertanggung jawab.

 

Sumber : DPD PPNI Kab. Pulang Pisau

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here