Dinas Kesehatan Kabupaten Pulang Pisau menggelar kegiatan pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA), Tes dalam upaya mendeteksi dini kanker leher rahim (Serviks). Kanker leher rahim menempati urutan kedua kasus kanker terbanyak pada wanita di Indonesia dan menduduki penyebab kematian nomor satu bagi wanita di Indonesia. Diperkirakan dalam setiap harinya terjadi 41 kasus baru kanker leher rahim dan 20 wanita meninggal dunia karena kanker tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pulang Pisau, dr.Muliyanto Budihardjo, MHlth. Sc melalui Kabid. Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, dr. Pande Putu Gina mengingatkan masyarakat untuk selalu waspada terhadap penyakit kanker dengan cara secara rutin melakukan deteksi dini. Salah satunya deteksi dini penyakit kanker leher rahim (serviks) dengan pemeriksaan IVA. Menurut dr. Pande Putu Gina, deteksi dini amat penting dilakukan untuk memperbesar peluang penyembuhan kanker. Sebab, kanker menjadi sangat berbahaya bila ditemukan dalam kondisi stadium lanjut.

Kegiatan pemeriksaan IVA yang dilaksanakan dirangkaikan dengan kegiatan penyuluhan dengan tujuan meningkatkan informasi tentang jenis kanker khususnya kanker leher rahim terutama yang berkaitan tentang gejala, tanda dan deteksi dininya. Kegiatan penyuluhan dan pemeriksaan dilakukan oleh dr. I Nyoman Wira Adi Gunawan, SpO yaitu Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi RSUD Pulang Pisau, didampingi oleh tenaga paramedis dari Dinas Kesehatan Pulang Pisau, Puskesmas Bukit Rawi dan Puskesmas Tahai. Kegiatan dilakukan di Puskesmas Bukit Rawi (26/3/2019) dan di Puskesmas Tahai (20/3/2019). Sekitar 45 orang menjadi sasaran pemeriksaan di kedua Puskesmas tersebut.

Semuber : Bidang P2P, Dinkes Pulpis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here