Tim assessment eliminasi malaria dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) didampingi Tim eliminasi malaria Provinsi Kalimantan Tengah melakukan penilaian eliminasi penyakit malaria di Kabupaten Pulang Pisau. Kedatangan tim diterima Bupati Pulang Pisau, H. Edy Pratowo, S.Sos., M.M., didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pulang Pisau, dr Muliyanto Budihardjo, MHlth.Sc , di Rumah Jabatan Bupati Pulang Pisau, Selasa (17/3/2020).

Bupati Pulang Pisau menyambut baik kedatangan tim dan berharap penilaian ini merupakan sarana evaluasi terhadap pelaksanaan program pemberantasan Malaria di Kabupaten Pulang Pisau dan berharap melalui penialaian ini juga akan mendapat masukan masukan untuk makin meningkatkan kuantitas dan kualitas kegiatan pemberantasan malaria. Pada kesemapatan tersebut juga disampaikan hal-hal yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau dalam rangka mencapai eliminasi malaria

Tim Assessment Eliminasi Malaria Kemenkes RI yang dipimpin dr Erfandi, MPH dengan anggota Drs Supriadi Sardjono, M.Kes, Marlinda ,S.Kom,MKM dan Wenie, SE melakukan penilaian selama tiga hari dengan lokus penilaian di Dinas Kesehatan, RSUD Pulang Pisau, Gudang Framasi Kabupaten, Puskesmas, dan wawancara dengan pasien.

Ketua Tim Assessment Eliminasi Malaria Kemenkes RI, dr Erfandi, MPH mengatakan, tujuan tim datang ke Pulang Pisau untuk menilai apakah Kabupaten Pulang Pisau memenuhi persyaratan  untuk menerima sertifikat eliminasi malaria dari Kementrian Kesehatan atau tidak. Penilaian ini dilakukan setelah selama tiga tahun berturut-turut Kabupaten Pulang Pisau memenuhi 3 persyaratan dasar untuk dinilai yaitu angka Anual Parasite Incidence (API)<1, Slide Positivity Rate (SPR)<5% dan tidak ada kasus indegenious (penularan setempat).

*) Bidang Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here