Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Pulang Pisau, Minggu 23 Agustus 2020  mengumumkan bertambahnya 3 kasus baru covid-19 . Dengan bertambahnya 3 kasus baru tersebut, total  kasus positif covid-19 di Kabupaten Pulang Pisau menjadi 60 kasus. Kasus terbanyak terdapat di Kecamatan Kahayan Hilir dengan 43 kasus, Selanjutnya Kecamatan Maliku (7 kasus), Kecamatan Kahayan Tengah (5 kasus), Kec. Banama Tungang (3 kasus), Kecamatan Pandih batu (1 kasus) dan Kecamatan Kahayan Kuala(1 kasus) sedangkan dua kecamatan yaitu Kecamatan Sebangau Kuala dan Jabiren Raya tidak terdapat kasus positif covid-19.

Juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Pulang Pisau, dr Muliyanto Budihardjo, MHlth.Sc mengatakan 3 penambahan kasus baru tersebut berasal dari Desa Hanjak Maju Kecamatan Kahayan Hilir (2 kasus) dan dari Desa Lawang Uru Kecamatan Banama Tingang (1 kasus). Sementara itu, jumlah kumulatif pasien yang sembuh dari Covid-19 tetap sebanyak  49 orang. Dengan demikian, Persentase kumulatif kasus sembuh 81,67 persen dari total kasus positif. Sedangkan pasien yang dirawat saat ini sebanyak 9 orang dengan rincian 1 orang dirawat di RS Dorys Silvanus Palangka Raya dan 8 orang dirawat di RSUD Pulang Pisau/Rumah Singgah Handep Hapakat.

Sementara itu, jumlah kasus suspek bertambah 5 orang dan 20 orang kontak erat menyelesaikan pemantauan sedangkan jumlah tes swab diagnosis yang telah dilakukan sebanyak 500 orang dengan tingkat kepositifan (positivity rate) sebesar 12,00 persen, kata dr Muliyanto Budihardjo, MHlth.Sc.

Dalam upaya memutus penularan Covid-19, dr.Muliyanto Budihardjo, MHlth.Sc.juga menghimbau warga Pulang Pisau untuk selalu mematuhi protokol kesehatan, yaitu disiplin memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

*) Bidang Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here