Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Pulang Pisau, Jumat,25 September 2020  mengumumkan bertambahnya 1 kasus baru covid-19 dan sembuhnya 2 orang pasien Covid-19. Dengan demikian total  kasus konfirmasi covid-19 di Kabupaten Pulang Pisau menjadi 77 kasus. Jumlah pasien yang dirawat menjadi 13 orang,  dengan rincian 1 orang dirawat di RS Doris Sylvanus Palangka Raya dan 12 orang dirawat di RSUD Pulang Pisau/Rumah Singgah Handep Hapakat. Jumlah kumulatif pasien sembuh sebanyak 62 orang. Persentase kumulatif kasus sembuh 80,52% dari total kasus positif. Jumlah kumulatif pasien meninggal sebanyak 2 orang dengan Tingkat Kematian(CFR) 2,59%.

Kasus positif 77 Pulang Pisau, Perempuan 59 Tahun, Dari Desa Mentaren II Kecamatan Kahayan Hilir, sebelumnya merupakan kasus Suspek yang memiliki riwayat perjalanan ke Palangka Raya dan tinggal selama 5 hari di Palangka Raya (9-13 September 2020) dalam rangka menghadiri pernikahan adiknya. Pulang kembali ke Pulang Pisau tanggal 13 September 2020. Mulai mengeluh sakit tanggal 17 September 2020 berupa Nyeri dada, Batuk kering dan keluar darah dan berobat ke IGD RSUD Pulang Pisau. Didapatkan gambaran pneumonia pada rontgennya dan dirawat di Ruang Pneumonia. Dilakukan pengambilan swab 1 pada tanggal 24 September dan pada tanggal 24 September pukul 20.30 keluar hasil pemeriksaan positif covid-19 dari Laboratorium Mikrobiologi Klinik RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya.

Sementara itu, terdapat penambahan 3 orang kasus supek dan 2 orang kasus suspek selesai pemantauan/pengawasan. Kasus Suspek yang saat ini masih dalam pemantauan/pengawasan menajdi 9 orang.  Kontak Erat bertambah 1 orang sementara yang selesai pemantauan ada 3 orang sehingga saat ini ada 1 orang kontak erat yang sedang dalam pemantauan sedangkan jumlah tes swab diagnosis yang telah dilakukan sebanyak 618 test dengan tingkat kepositifan (positivity rate) sebesar 12,46 %.

Dalam upaya memutuskan penularan mari kita selalu melakukan 3M yaitu  memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Sumber data : Satgas Covid-19 Kabupaten Pulang Pisau

*) Bidang Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here